Jumat, 14 Maret 2014
JAWABAN DISKUSI IBM-KELOMPOK 3
Kelompok 1
Pertanyaan:
· Bagaimana bentuk motivasi yang paling baik bagi siswa yang jarang hadir?
Jawaban:
· Ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi. Dalam kasus tersebut, dapat digunakan bentuk motivasi hukuman. Tetapi, hal itu harus diberikan secara tepat dan bijak. Setelah itu, dapat diberikan bentuk motivasi ego-involvement, yaitu dengan menumbuhkan kesadaran kepada siswa tersebut agar merasakan pentingnya belajar dan sekolah.
Kelompok 2
Pertanyaan:
· Pemberian motivasi apa yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah?
· Bagaimana menumbuhkan motivasi siswa agar memiliki daya saing, harga diri, dan hasrat untuk belajar?
· Perbedaan motif bawaan dengan motif kebutuhan organis?
Jawaban:
· Menurut kami, motivasi yang efektif yang bisa diberikan adalah motivasi bentuk ego-involvement, yakni menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan, sehingga bekerja keras dengan mempertaruhkan harga diri, adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting. Selain itu, bentuk motivasi pemberian nilai untuk memperkuat motivasi belajar.
· Daya saing bisa dilakukan antar siswa atau kelompok di kelas. Guru dapat mengadakan kuis sehingga bisa memicu daya saing siswa. Bentuk motivasi harga diri tumbuh pada diri siswa ketika guru menumbuhkan kesadaran dan membuat siswa merasakan pentingnya tugas. Sehingga siswa akan mulai bekerja keras dengan mempertaruhka harga diri. Bentuk motivasi hasrat tumbuh karena dalam diri siswa sudah terdapat motivasi untuk belajar.
· Telah kami jelaskan pada saat presentasi bahwa motif kebutuhan organis dengan motif bawaan tergolong dalam motivasi yang sama. Haya saja para ahli tersebut memberikan nama motif yang berbeda. Untuk lebih jelas, Anda bisa baca pada halaman 88.
Kelompok 4
Pertanyaan:
· Bagaimana cara guru membuat aktivitas belajar menjadi menyenangkan, walaupun sudah beberapa kali pertemuan, siswa selalu tidak menerima pelajaran dengan baik?
Jawaban:
· Buatlah aktivitas belajar yang berbeda-beda pada setiap pertemuan. Aktivitas yang akan menarik minat siswa. Gunakan bentuk motivasi yang beragam, sehingga dapat memicu motivasi siswa untuk belajar.
Kelompok 5
Pertanyaan:
· Apakah baik memotivasi seorang anak dengan cara memaksa dan hal yang dipaksa sangat berguna untuk dirinya?
Jawaban:
· Tidak baik, motivasi dengan cara memaksa membuat seorang anak merasa tertekan. Seorang anak akan melakukan sesuatu tanpa kesenangan & kebutuhan terhadap tujuan yang ingin dia capai, akhirnya sesuatu yang dikerjakannya menjadi tidak bermakna.
Kelompok 6
Pertanyaan:
· Menurut kalian bagaiamana cara memaksimalkan motivasi positif di kelas dan apakah ada hubungan antara membangun motivasi dengan pengelolaan kelas?
Jawaban:
· Memaksimalkan motivasi agar terasa positif di kelas adalah dengan melakukan pembelajaran yang didukung oleh suatu motif yang menyenangkan. Kemudian, antara membangun motivasi dengan pengelolaan kelas saling berhubungan, karena pemberian motivasi kepada siswa dilakukan dalam proses pengelolaan di kelas.
Kelompok 7
Pertanyaan:
· Dalam suatu proses pembelajaran dapatkah kita mengaitkan atau menggabungkan bentuk-bentuk motivasi? Jika bisa, berikan contohnya?
Jawaban:
· Bisa, misalnya menggabungkan bentuk saingan atau kompetensi, hadiah, dan hukuman. Pembelajaran malah akan semakin menarik. Contohnya, guru mengadakan sebuah kuis, ini termasuk dalam bentuk persaingan dengan peraturan yang menang mendapatkan hadiah, yang kalah mendapat hukuman. Namun, hukuman yang diberikan tidak luput dari sebuah pembelajaran.
Kelompok 8
Pertanyaan:
· Bagaimana cara memotivasi siswa yang minat belajarnya naik turun?
Jawaban:
· Guru perlu mencari sebab-sebab mengapa minat siswa dalam hal belajar naik turun. Setelah mengetahui penyebabnya, guru bisa melakukan berbagai bentuk motivasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan minat siswa, sebagai berikut:
a. Membangkitkan adanya suatu kebutuhan
b. Menghubungkan dengan persoalan yang lampau
c. Member kesempatan untuk mendapatkan hasil yang baik
d. Menggunakan berbagai macam bentuk mengajar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar